Monthly Archives: January 2017

Kunjungan Industri ke PT. C59

Tepat pada hari Rabu, 14 Desember 2016, siswa/i kelas X dan XI SMK Al-Ikhwaniyah akan mengikuti serangkaian acara kegiatan kunjungan industri disalah satu tempat produksi kaos yang cukup terkenal dan tentunya sangat diminati, yaitu PT. Caladi Lima Sembilan atau yang lebih dikenal dengan sebutan C59.

pt-c59-bandung-4

Tiba pukul 05.00 Wib, seluruh siswa kelas X dan XI, serta dewan guru berkumpul dan menepati bus yang telah ditetapkan. Semuanya bersiap-siap untuk menempuh perjalanan ke tempat industri tujuan kita, yaitu PT. C59 Bandung-Jawa Barat.

Hingga pukul 12.00 Wib, kita sudah sampai ditempat tujuan, kemudian dilanjutkan dengan shalat berjamaah. Waktu sudah menunjukkan pukul 13.30 Wib, seluruh siswa diajak berkeliling untuk melihat bagaimana tahapan dalam suatu pembuatan baju dari bahan mentah, setengah jadi, sampai pada benda jadi yang sudah siap pakai.

Tidak hanya itu, disana para siswa juga diajarkan bagaimana cara memproduksi baju atau pakaian dengan teknik dan cara yang berbeda-beda. mulai dari tahap pemotongan bahan, penjahitan dan pengobrasan, penyablonan, pengeringan sablon hingga packing. Adapun produk-produk yang dihasilkan oleh PT. C59 adalah kaos oblong, kaos berlengan, kaos berkerah dan berlengan.

pt-c59-bandung-5

Ziarah Sarat Makna, Telaga Warna Hadirkan Pesona

candi-dieng-5

Personil ATC

Libur telah tiba, ATC (Al-Ikhwaniyah Touring Community) kembali berkelana menyelusuri daerah-daerah yang belum tersinggah. Dengan memanfaatkan libur semester ganjil yang cukup panjang, kali ini ATC memperluas khazanah ziarahnya ke daerah Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Minggu, (25/12) Kami memulai perjalanan dari Al-Ikhwaniyah menuju spot tujuan pertama yaitu Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah merupakan seorang wali yang dilahirkan sekitar tahun 1450 M. Beliau adalah salah satu dari kelompok ulama besar di Pulau Jawa yang bernama Wali Songo. Perlu diketahui, Sunan Gunung Jati merupakan satu-satunya Wali Songo yang menyebarkan islam di Jawa Barat.

Seperti tak pernah surut, para peziarah dari berbagai daerah terus berdatangan bahkan hingga menjelang pagi. Semua tenggelam dalam lantunan ayat suci Al-Qur’an, dzikir dan doa. Seperti ada magnet yang menguatkan hati mereka. Kamipun tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk berdoa kepada Sang Khaliq serta mendoakan para Auliya.

Setelah berziarah dan bermalam di sekitar kompleks Makam Sunan Gunung Jati,  Senin, (26/12) kami melanjutkan perjalanan menuju Kota Demak. Ya, spot tujuan kedua kami adalah Ziarah ke Makam Sunan Kalijaga.

makam-sunan-kalijaga-2

Ziarah Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga berada di Desa Kadilangu, Kec.Demak Kota, Kab. Demak, Jawa Tengah. Tidak hanya terdapat makam, namun di kompleks makam juga terdapat pula Masjid Sunan Kalijaga yang berdiri pada tahun 1532.

Sunan Kalijaga konon dilahirkan pada tahun 1450 dengan nama Raden Said. Beliau merupakan seorang tokoh yang paling muda diangkat sebagai wali, memiliki ilmu yang sangat luas dan paling panjang usianya. Diperkirakan usianya mencapai lebih dar 100 tahun. Tidak hanya berziarah ke Makam Sunan Kalijaga, kami juga meyempatkan diri untuk menikmati suasana Alun-alun Kota Demak yang berhadapan langsung dengan Masjid Agung Demak.