Monthly Archives: July 2016

ATC Trip to BANTEN

Mengikuti kegiatan touring memang selalu menyenangkan, apalagi dilakukan bersama teman-teman seperjuangan, belum lagi jika kita berpapasan dengan team touring lain dijalan. kita akan saling bertegur “plakson” (bukan “sapa” ya, susah), ada yang tebar-tebar pesona juga ke boncengannya team touring tetangga, eh.., ada juga yang tebar-tebar paku dibelakang (makin ngaco dah), pastilah semakin bergairah rasanya.  Mungkin itu menjadi kesan singkat komunitas touring kami (ATC) saat melakukan touring pada liburan akhir semester genap pekan lalu.

al-ikhwaniya-touring-community

***

BANTEN, menjadi kota destinasi touring kali ini. Tepatnya pada hari Minggu (10/07), ATC memulai safarinya untuk berziarah ke MakamSulthan Maulana Hasanuddin yang terletak di daerah Banten Lama. Sulthan Maulana Hasanuddin merupakan seorang Raja Banten I yang dilahirkan dari pernikahan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Djati) dengan Nyi Ratu Kawung Nganten. Beliau lahir pada tahun 1479 dan wafat pada tahun 1570 di Banten.

ATC Road To West Java (2)

Jum’at (25/3), ATC kembali memperluas khazanah perjalanan tournya di daerah Jawa Barat. Dikesempatan kali ini Spot tujuan utama kami adalah ziarah ke Makam Syeikh Quro yang berada di Karawang serta rihlah menuju  Pantai Tanjung Baru dan Curug Cigentis.

***

atc-al-ikhwaniyah-touring-community-11

Senja menjadi saksi keberangkatan kami. Terlihat sebagian lampu-lampu kendaraan mulai ramai menghiasi jalan, gerimis kecil turun dengan syahdunya, membuat sinar lampu menjadi bias dipandang mata. Hanya lantunan dzikir-dzikir yg menjadi penghangat perjalanan kami saat itu.

ATC Road To West Java

Libur sekolah telah tiba, kini waktunya ATC (Al-Ikhwaniyah Touring Community) melanjutkan perjalanan touringnya ke berbagai daerah di Indonesia. Jika sebelumnya ATC menelusuri daerah Pandeglang & Sukabumi, maka perjalanan kali ini ATC terus memperluas khazanah touringnya berkeliling daerah khususnya di Jawa Barat. Rute perjalan kami mulai dari Cianjur–Bandung–Tasikmalaya–Ciamis-Banjar-Pangandaran–Bogor. Ada 3 destinasi wisata yang kami pilih, diawali dengan wisata religi ziarah ke Makam Dalem Cikundul kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Makam dan Goa Pamijahan yang  diakhiri dengan ngetrip ke objek wisata Pantai Pangandaran.

Makam Dalem Cikundul terletak di Desa Cijagang Kec. Cikalongkulon Kab. Cianjur. Lokasi tersebut merupakan makam dari Bupati Cianjur pertama yaitu RD. KJ. Aria Wiratanudatar (KJ. Dalem Cikundul) Bin RD. KJ. Aria Wangsa Gofarana. Konon makam ini dikenal sebagai cikal bakal lahirnya Kabupaten Cianjur. Maka tak heran ketika kami menziarahi makam beliau selalu tak pernah sepi dari peziarah baik lokal maupun luar daerah.

Selanjutnya kami meneruskan perjalanan menuju Makam & Goa Pamijahan. Butuh waktu cukup lama untuk sampai ke spot ziarah yang satu ini, ditambah lagi dengan kondisi jalanan yang berlika-liku naik turun bukit sehingga membuat kami perlu beristirahat sejenak melepas lelah.

atc-ziarah-pamijahan-5